Categories: Tips Kesehatan

Kebiasan Buruk yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Menggigit-gigit Kuku

Semua orang pasti memiliki kebiasaan buruk, tidak peduli siapa pun itu. Seperti misalkan saja meja kerja yang selalu berantakan, orang yang suka buang sampah sembarangan, hingga hal-hal yang kadang dianggap menjijikkan, misalkan buang angin sembarangan.

Walaupun begitu, bisa jadi tidak semua kebiasaan buruk tersebut berefek buruk juga. Beberapa kebiasaan buruk malah ada yang memiliki sisi positif. Contohnya saja ada orang yang suka mengunyah permen karet, akan terlihat tidak sopan apabila sedang hadir dalam sebuah pertemuan resmi, ternyata mengunyah permen karet bisa membuat seseorang mampu berpikir dengan cepat dan menjadi lebih kreatif.

Dari sisi kesehatan pun, beberapa kebiasaan yang selalu dianggap buruk di lingkungan sosial ini jika dilihat dari segi kesehatan ternyata mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Meludah

Meludah akan terlihat sangat menjijikkan, terutama kalau anda atau melihat orang lain melakukannya di tempat umum. Walaupun begitu, ternyata pada saat kita sedang berolahraga, meludah ini akan membuat kita lebih mudah untuk bernapas.
Sudah pasti kita akan bernapas menggunakan hidung, yang membuat udara menjadi hangat dan akan menjadi lebih lembab, jadi tubuh akan semakin efisien dalam menyerap oksigen.

Namun akan berbeda pada saat anda sedang berolahraga, kita akan lebih sering bernapas melalui mulut dan inilah yang menyebabkan ludah atau air liur semakin banyak diproduksi yang berakibat terganggunya jalan napas.
Oleh karena itu, bisa dikatakan sangat normal membuang air liur atau lendir berlebihan yang dihasilkan ketika berlari dengan meludahkannya. Sebagai contoh: anda akan melihat para pemain sepakbola yang sering meludah saat bertanding.

  • Mengunyah Permen Karet

Mengunyak permen karet ternyata sangat baik untuk kesehatan, bukan cuma membuat kita menjadi lebih kreatif dan mampu berpikir cepat saja.Permen karet sebenarnya tidak memiliki manfaat gizi, dengan dibuktikan secara ilmiah, mengunyah permen karet ini akan membuat anda mendapatkan manfaat yang jauh lebih baik daripada efek kafein yang ada di kopi.

Permen karet ini akan membuat anda lebih fokus, mengurangi stress, menyeimbangkan hormon dengan cara merangsang kartisol agar kadarnya meningkat, dan mempertajam memori.

  • Buang Angin

Anda pasti tidak akan menyangka, kalau ternyata tubuh anda mengeluarkan gas sekitar kurang lebih 14 kali dalam sehari dan sekitar 3 hingga 5 kali pada anda tidur. Inilah siklusnya, saluran pencernaan anda baru akan mulai memproduksi mentana dan kabon dioksida kurang lebih 6 jam setelah makan anda makan dan buang angin merupakan mekanisme tubuh untuk membuangnya. Dan jika anda mencoba untuk menahan kentut untuk jangka waktu lama, maka bisa memicu kembung dan juga sakit perut.

  •  Menggigit-gigit Kuku

Saat anda menggigit-gigit kuku, anda secara tidak langsung sudah mengkonsumsi beberapa bakteri yang ada di kuku. Hal ini membuat sistem kekebalan tubuh memerintahkan untuk mulai memproduksi sel darah putih yang akan membantu melawan bakteri tersebut.Dan tubuh anda pun akan mencatat bakteri di dalam memorinya. Jadi jika suatu bakteri ditemukan kembali kedua kalinya, maka anda sudah memiliki limfosit yang sanggup untuk mengalahkannya.

  • Mengupil

Aktivitas ini memang menjijikan, tapi berdasarkan beberapa penelitian, kebiasaan buruk yaitu memakan ingus sebetulnya ingus yang dimakan tersebut mengandung enzim musin akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan bakteri. Pada saat ingus atau upil ini termakan, membuat sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan sel darah putih untuk memerangi bakteri yang masuk. Namun kebiasaan buruk yang ini sepertinya sangat menjijikan kalau di lanjutkan.